ads

Selasa, 03 Januari 2012

Pasang 'Tim Aneh' Lagi, Fergie?



FOTO:AFP/Adrian Dennis
 
Newcastle - Ketika Sir Alex Ferguson mengatakan bahwa dirinya berharap Ryan Giggs dan Rio Ferdinand fit untuk laga melawan Newcastle United, tersirat satu hal; Fergie tahu "tim aneh" yang diraciknya punya risiko besar.

Ketika menghadapi Wigan Athletic pada Boxing Day, Fergie memasang Antonio Valencia, Michael Carrick, Jonny Evans, dan Patrice Evra sebagai back-four. Valencia memang pernah menjalani posisi sebagai bek sayap, namun tetap saja bukan posisi aslinya. Apalagi Carrick yang aslinya adalah gelandang tengah.

Namun, Wigan adalah lawan yang tidak pernah menang ketika berlaga di Old Trafford. Sejarah itu kemudian terulang dengan tegas ketika hasil akhir memperlihatkan skor 5-0 untuk kemenangan tuan rumah.

Melihat tidak ada masalah dengan formasi demikian, Fergie memasang formasi empat bek serupa ketika melawan Blackburn Rovers, tim yang berada di urutan buncit klasemen, akhir pekan lalu. Tetapi, kali ini posisi Evans digantikan oleh Phil Jones.



Hasilnya? Tanpa seorang gelandang tengah murni, yang dimainkan sebagai bek tengah, MU kehilangan kreativitas untuk melahirkan bola ke depan. Barisan pertahanan pun ikut keteteran. Hasil akhir pun memperlihatkan skor 2-3 untuk kekalahan sang juara bertahan.

Fergie kemudian berharap dirinya bisa memainkan Ferdinand dan Giggs pada laga melawan Newcastle United, Kamis (5/12/2012) dinihari WIB. Manajer asal Skotlandia itu tahu bahwa laga di kandang The Magpies selalu sulit.

"Sir Alex tahu ini akan menjadi laga sulit. Tahun lalu, ia mengatakan kepada saya bahwa kandang kami adalah tempat yang berat," ujar manajer Alan Pardew di Guardian.

Fergie juga diprediksi bakal memainkan Wayne Rooney yang absen dalam laga melawan Blackburn, plus Dimitar Berbatov yang terus mencetak gol dalam tiga laga terakhir. Pardew pun berhati-hati seandainya para pemain utama itu kembali dimainkan oleh Fergie.

"Saya tahu 100% Rooney bakal dimainkan dan saya pikir, Ferdinand, (Chris) Smalling, dan Giggs juga akan dimainkan. Jadi, mereka akan terlihat stabil lagi," tukasnya.

Fergie juga punya pilihan untuk kembali memainkan Anderson di lini tengah. Gelandang asal Brasil ini bermain selama 45 menit pada laga melawan Blackburn dan sedikit memberikan dampak. Opsi tambahan ini layaknya sebuah angin segar di tengah tekanan kewajiban menang, mengingat Manchester City sudah mengalahkan Liverpool dinihari tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar