ads

Rabu, 11 Januari 2012

Tottenham Samakan Poin dengan United Tottenham Samakan Poin dengan United



Foto: Aaron Lennon (Getty Images)
Foto: Aaron Lennon (Getty Images)
LONDON - Tottenham Hotspur kian memantapkan posisi di papan atas Premier League. Kemenangan atas Everton dengan skor 2-0, Kamis (12/1/2012) dinihari membuat Spurs tidak tergoyahkan di peringkat tiga klasemen Premier League dengan torehan 45 poin.

Menariknya, perolehan poin mereka saat ini sama dengan peringkat kedua Manchester United dengan 45 angka. Sudah pasti, The Red Devils patut mewaspadai ancaman yang datang dari Tottenham di saat mereka sedang mengejar perolehan poin Manchester City di puncak klasemen.

Dalam laga yang beberapa waktu ditunda karena kerusuhan di London, sepasang gol kemenangan Tottenham masing-masing disumbangkan Aaron Lennon dan Benoit Assou-Ekoto. Sementara, Everton yang beberapa kali mendapat peluang emas gagal mengkoversikannya menjadi gol.

Padahal, tim asal Merseyside itu mampu menandingi perlawanan Tottenham di sepanjang pertandingan. Dengan kekalahan ini, Everton harus puas duduk di peringkat 11 dengan koleksi 24 poin.

BABAK PERTAMA

Menghadapi Everton, Tottenham Hotspur yang berambisi mempertahankan eksistensinya di pentas Premier League tampil dengan pemain pemain andalannya. Emmanuel Adebayor, Rafael Van der Vaart dan Gareth Bale tercanatum dalam starting XI Harry Redknapp.

Sedangkan, di kubu Everton, Victor Anichebe dan Louis Saha menjadi pilihan di lini depan The Toffes -julukan Everton. Di awal babak pertama, kedua tim masih mempelajari permainan satu sama lain. Adebayor sempat memberikan ancaman yang cukup serius. Sayang, manuver individunya masih bisa dibaca barisan pertahanan Tottenham.

Penetrasi Bale dari sektor sayap lapangan, terbukti memberikan ancaman serius buat barisan pertahanan Everton yang dijaga John Heitinga dkk. Mobilitas serangan Tottenham pun semakin variatif melalui pergerakan Luca Modric dari lini kedua.

Di menit 24, Adebayor mendapat peluang bagus. Sial, umpan terukur Bale masih bisa dipotong Tim Howard, kiper Everton. Gol yang dinanti Spurs akhirnya datang. Menerima umpan jauh, Aaron Lennon yang bergerak disektor sayap lapangan berhasil melewati hadangan pemain belakang Everton dan langsung melepaskan tembakan mendatar yang gagal diselamatkan Howard.

SKor 1-0 untuk keunggulan Tottenham terjadi di menit 35. Gol dari Lennon sekaligus menutup babak pertama. Di paruh pertama, dari catatan statistik pertandingan terlihat, The Lilywhites unggul penguasaan bola sebanyak 58% sedangkan Everton hanya 42%. Tottenham melakukan 6 kali tembakan ke arah gawang dan Everton hanya melakukan 4 kali percobaan.

BABAK KEDUA

Interval kedua dimulai, Tottenham yang telah unggul satu gol bermain lepas dan terbuka. Tidak butuh waktu lama buat armada Harry Redknapp untuk menambah keunggulan.  Tottenham sama sekali tidak mengendurkan serangan di paruh kedua.

Adalah Benoit Assou Ekoto yang berhasil menambah keunggulan Tottenham. Mengoptimalkan umpan matang yang disodorkan Rafael Van der Vaart, Ekoto langsung menyambutnya dengan cannon-ball yang sulit dijangkau Howard dan sempat terbentur Tim Cahill.

Memimpin dua gol, Tottenham lebih leluasa tampil terbuka. Permainan efektif mereka peragakan untuk menekan Everton guna memperlebar jarak. Tidak kehabisan akal karena terus ditekan, David Moyes  menginstruksikan anak asuhnya untuk mencari peluang melalui skema serangan balik mulai menunjukkan hasilnya.

Beberapa kali, Everton mencuri peluang untuk mendapatkan keuntungan. Namun, rapihnya organisasi permainan Tottenham membuat Everton kesulitan untuk menembus barisan pertahanan tim Ibukota itu. Hingga peluit panjang dibunyikan, Everton tidak bisa mencuri gol dan Tottenham urung mencetak gol tambahan.

SUSUNAN PEMAIN
TOTTENHAM HOTSPUR:
24-B. Friedelo, 4-Y. Kaboul, 20-M. Dawson, 32-B. Assou-Ekotto, 3-G. Bale, 28-K. Walker, 11-R. van der Vaart, 7-A. Lennon (40-S. Piennar'78), 14-L. Modric, 29-J. Livermore, 10-E. Adebayor (9-R. Pavlyuchenko'87)

EVERTON:
24-T. Howard, 5-J. Heitinga, 3-L. Baines, 15-S. Distin (34-S.Duffy'59), 17-T. Cahill, 18-P. Neville, 7-D. Bilyaletdinov (19-M.Gueye'82), 25-M. Fellaini,8-L. Saha, 9-L. Donovan, 28-V. Anichebe (10-R. Drenthe'68) (edo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar