ads

Senin, 26 Desember 2011

Kado Natal Istimewa dari Berbatov untuk Old Trafford

Foto: Dimitar Berbatov (Getty Images)
Foto: Dimitar Berbatov (Getty Images)
MANCHESTER - Manchester United sukses memberikan hiburan dan kado Natal istimewa buat para penggemarnya yang memadati Old Trafford. Dimitar Berbatov menjadi kunci kemenangan United di laga Boxing Day, Senin (28/12/2011).

Kemenangan besar atas Wigan, lima gol tanpa balas membuat seisi Old Trafford mengelu-elukan Berbatov yang mempersembahkan hattrick dan kemenangan buat The Red Devils di libur Natal tahun ini. Dua gol United lainnya ditorehkan Park-Ji Sung dan Antonio Valencia.

Namun, raihan poin angka penuh atas Wigan belum mendongkrak posisi United di peringkat kedua klasemen sementara. United masih bertengger di posisi kedua dengan 45 poin, United masih kalah produktivitas gol dari seteru terdekatnya, Manchester City. Tapi setidaknya, kemenangan besar ini semakin menggelorakan motivasi United untuk mengejar perolehan poin City.

BABAK PERTAMA

Meladeni Wigan, di laga Boxing Day, tidak butuh waktu lama buat Manchester United menjebol gawang The Latics. Mengoptimalkan umpan Patrice Evra, Park Ji-Sung sukses membawa The Reds Devils unggul 1-0 lewat tendangan kerasnya, delapan menit selepas kick-off.

Wigan yang bertandang ke Old Trafford pun seolah tidak mau berada di bawah tekanan. Duet Victor Moses dan Conor Sammon yang menjadi tumpuan Roberto Martinez di barisan depan coba tampil agresif sejak tertinggal satu gol. Permainan terbuka sempat dipergakan motor serangan Wigan, James McCarthy dalam membuka ruang pertahanan United.

United yang berniat memberikan kado manis di Natal ini buat pendukungnya terus tampil menekan. Dimitar Berbatov dan Javier Hernandez yang diplot Sir Alex Ferguson di barisan depan sukses menghadirkan teror serius di depan gawang Ali Al-Habsi. Duet ujung tombak United tersebut dibantu Ryan Giggs, Nani, dan Ji-Sung. Komposisi pemain ini terbukti memberikan determinasi di jantung pertahanan Wigan.

Di menit 31, tendangan spekulasi Berbatov nyaris menggandakan keunggulan United andai Al-Habsi tidak dengan sigap membuang bola. Kendati terus diserang, pemain belakang Wigan masih bisa menjaga konsentrasi dan disiplin di pertengahan babak pertama.

Petaka buat Wigan datang di menit 38 saat Sammon diusir keluar wasit karena dianggap melakukan pelanggaran keras terhadap Michael Carrick. Unggul jumlah pemain United semakin leluasa memberikan tekanan. Berbatov akhirnya memecah kebuntuan United melalui golnya memanfaatkan umpan jauh Darron Gibson.

Berba yang menerima bola, sedikit mengontrolnya dengan satu sentuhan untuk mengecoh Al-Habsi dan sejurus kemudian menceplokan bola ke gawang Wigan pada menit 41, 2-0 United memimpin. Unggul penguasaan bola 41% persen dan 8 kali melepaskan tembakan ke arah gawang, United akhirnya menutup interval pertama dengan dua gol.

BABAK KEDUA
Babak kedua dimulai, Ji-Sung yang menerima umpan lambung Berbatov nyaris memperlebar kedudukan United. Sayang, tandukannya berhasil dihalau Al-Habsi yang pantas di berikan apresiasi dalam pertandingan ini.

Tempo permainan sedikit menurun di babak kedua. United coba memainkan bola-bola pendek untuk menembus tembok pertahanan Wigan. Evra yang naik membantu pertahanan, memberikan warna bagi pola serangan United.

Berbatov kembali memberikan hadiah istimewa di Natal tahun ini kepada para pendukung United lewat gol keduanya. Kali ini, kerja samanya dengan Antonio Valencia membuatnya berhasil menggetarkan jala Wigan dan membawa United memperbesar keunggulan menjadi 3-0.

Untuk menambah daya gedor, Ferguson memasukkan Wayne Rooney di menit 64. Masuknya Wazza,  tidak pelak membuat United semakin di atas angin. Sebuah cannon-ball dilepaskan Rooney, sayang bola masih belum tepat mengenai sasaran.

Frederico Macheda yang masuk sebagai pemain pengganti tidak ketinggalan untuk menambah rekening gol United. Tendangan diagonal dari sektor kiri hampir saja berbuah gol. Namun, lagi-lagi Al-Habis mengagalkan upaya pemain asal Italia tersebut.

Usaha United menggenapkan kedudukan menjadi 4-0 akhirnya tercipta dari kaki Valencia. Tendangan menyilangnya sulit dijangkau Al-Habsi. Defisit empat gol, Wigan mulai kehilangan ritme permainan. Tidak lama setelah gol Valencia, United mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran, Antolin Alacaraz di kotak terlarang terhadap Ji-Sung.

Berbatov yang ditunjuk sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan sempurna. Kado Natal sempurna dari Berbatov yang mencetak hattrick di Boxing Day musim ini. Gol dari Berbatov sekaligus mengakhiri pesta gol United dan perayaan Natal fans United di akhir tahun ini.

SUSUNAN PEMAIN
MANCHESTER UNITED:
34-A. Lindegaard, 3-P. Evra, 6-J. Evans (E.Fryers'46), 16-M. Carrick, 25-A. Valencia, 13-Ji-Sung Park, 11-R. Giggs (10-W. Rooney'64), 17-Nani (27-F.Macheda'64), 28-D. Gibson, 9-D. Berbatov, 14-J. Hernandez

WIGAN ATHLETIC
:26-Ali Al Habsi, 5-G. Caldwell, 23-R. Stam, 31-M. Figueroa, 3-A. Alcaraz, 19-D. Jones, 14-Jordi Gomez, 11-V. Moses, 4-J. McCarthy, 21-M. Diame (9-F. Di Santo'46), 18-C. Sammon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar