ads

Kamis, 29 Desember 2011

Maraknya Bursa Pemain di Musim Panas


FOTO:Javier Pastore di Parc de Princes, 8 Agustus 2011. (Reuters)
Jakarta - Bulan Agustus adalah periode sibuk klub-klub dalam melakukan transfer pemain. Barcelona melanjutkan dominasinya di awal musim dengan memenangi Piala Super Spanyol dan Piala Super Eropa.

Barcelona memulai musim 2011/2012 dengan sengat baik. The Catalans merengkuh Piala Super Spanyol setelah menundukkan musuh besarnya Real Madrid dengan skor agregat 5-4. Di Piala Super Eropa, Lionel Messi dkk mengalahkan juara Piala Europa, FC Porto, dengan 2-0.

Kesuksesan juga diraih Barca di bursa transfer. Pelatih Pep Guardiola membawa kembali bintang Arsenal Cesc Fabregas pulang kampung, setelah melalui proses transfer yang alot.

Di musim ini kick-off�Liga Spanyol mengalami kemunduran dari jadwal yang sudah ditetapkan. Pihak asosiasi pemain (AFE), mengumumkan pemogokan sebagai bentuk protes untuk mendapatkan jaminan pembayaran gaji pemain.

Dari Italia, AC Milan mengalahkan Inter Milan di Piala Super Italia dengan skor akhir 2-1. Gelar ini menjadi Piala Super Italia yang keenam bagi Rossoneri.

Masih dari Italia, kasus pengaturan skor di Liga Italia kembali terkuak. Kali ini klub Atalanta dihukum pengurangan sebanyak enam poin. Dua mantan pemain timnas Italia, Giuseppe Signori dan Cristiano Doni, terlibat dan masing-masing diskorsing 5 dan 3,5 tahun dari aktivitas sepakbola Italia.

Satu kabar mengejutkan datang dari Inter yang melego penyerang topnya, Samuel Eto'o, ke klub Rusia, Anzhi Makhachkala, seharga 25 juta euro. Yang lebih mencengangkan adalah, Anzhi menggaji Eto'o 20 juta euro per musim, dan itu menjadi sebuah rekor dunia yang baru. B

Untuk menggantikan posisi Eto’o, Inter membeli Diego Forlan dari Atletico Madrid dan meminjam Mauro Zarate dari klub Lazio.

Dari Inggris, Manchester United mengawali musim dengan menjuarai Community Shield, dengan mengalahkan Manchester City 3-2.

Di bursa transfer, Manchester City terus membeli pemain bintang dengan mendatangkan Samir Nasri dan Sergio Aguero.

Di Liga Prancis, Paris Saint-Germain berhasil mendapatkan bintang Argentina Javier Pastore dari Palermo dengan harga 42 juta euro. PSG yang dimiliki oleh Qatar Sport Investment (QSI) menjadi klub dengan kekuatan finansial yang kuat seperti Manchester City di Inggris.

Dari level internasional, Spanyol menjadi yang terbaik di Piala Eropa U-19. Di partai final, "Matador Muda" mengalahkan Republik Ceko 3-2. Kemenangan ini mampu mengantarkan Spanyol meraih gelar ini untuk kali kelima setelah 2002, 2004, 2006, dan 2007.

Dari ajang Piala Dunia U-20, Brasil menaklukkan Portugal di final dengan skor akhir 3-2. Gelandang asal klub Internacional, Oscar, menjadi bintang lapangan dengan mencetak tiga gol tim Samba di laga puncak tersebut.

Dari dalam sepak bola dalam negri, secara resmi akhirnya PSSI menunjuk Rahmad Darmawan sebagai pelatih timnas U-23. Rahmad menggantikan posisi Alfred Reidl yang sebelumnya dipecat dari jabatan pelatih timnas senior dan juga timnas U-23.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar