ads

Minggu, 01 Januari 2012

Del Bosque Cemaskan Kans Torres ke Euro 2012



FOTO:(AFP/Glyn Kirk)
Madrid - Buruknya performa Fernando Torres sepanjang tahun 2011 membuat cemas pelatih timnas Spanyol, Vicente del Bosque. Jika keadaan tak membaik, mungkin saja bomber 27 tahun tak terpilih ikut Piala Eropa 2012.

"Masih ada lima bulan sebelum kejuaraan Eropa. Artinya, semua bisa berubah. Tapi kalau situasi tidak berubah, akan sulit buat dia," ungkap Del Bosque dalam wawancaranya dengan harian As, yang dilansir Reuters, Sabtu (31/12/2011).

Torres, yang mencetak gol tunggal kemenangan Spanyol atas Jerman di final Euro 2008, baru mencetak lima gol dari 23 pertandingan, semenjak ia pindah dari Liverpool ke Chelsea di bulan Januari. Dan dari 12 penampilannya di musim ini, hanya lima kali ia menjadi starter.

"Fernando pantas dihormati atas rekornya, dan kami percaya pada dia. Tapi jika dia jarang main, pasti akan ada hal-hal tertentu. Jika dia main dan performanya baik, dia akan ikut ke Euro. Ia telah berkontribusi untuk kesuksesan dan dia punya ruangan untuk bermanuver," tambah Del Bosque.

Torres ditunggu ketajamannya setelah David Villa cedera patah kaki saat membela Barcelona di Piala Dunia Antarklub dua pekan lalu. Ia diperkirakan absen lama walaupun bisa saja pulih menjelang Euro tahun depan.

Del Bosque punya alternatif penyerang lain termasuk striker Athletic Bilbao Fernando Llorente, yang saat ini juga cedera, dan bintang Sevilla, Alvaro Negredo. Yang sedang naik daun adalah kapten Valencia, Roberto Soldado, yang sudah mendulang 11 gol di La Liga dan lima di Liga Champions.

"Kalau Soldado mempertahankan performanya, kami akan memasukkan dia dalam rencana," ungkap Del Bosque tentang pemain yang pernah dua kali berseragam "Matador" di tahun 2007 tapi tidak nirgol itu.

"Dalam beberapa bulan terakhir Soldado sangat baik, mencetak banyak gol, yang mana itu adalah barometer penyerang. Sedangkan yang lain dalam situasi yang sulit. Villa dan Llorente cedera, Torres jarang main. Yang tidak semestinya diragukan orang adalah saya akan berusaha untuk adil," tutup sang pelatih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar