ads

Rabu, 25 Januari 2012

Beda Fergie dan Guardiola di Mata Pique

FOTO:Getty Images/ShaunBotterill
 Barcelona - Gerard Pique jadi satu-satunya pemain yang pernah merasakan sentuhan dua pelatih yang disebut-sebut terbaik di dunia, Sir Alex Ferguson dan Josep Guardiola. Sama-sama meraih sukses, keduanya punya perbedaan besar.

Periode kebersamaan Pique dan Fergie di Manchester United tak berlangsung lama. Meski tercatat delapan tahun memperkuat The Red Devils, dia tercatat cuma 12 kali main di tim utama 'Setan Merah'.

Pique kemudian pindah ke Barcelona di tahun 2008. Dan setahun berselang dia merasakan dibesut seorang pelatih muda yang dalam waktu singkat menjelma menjadi salah satu yang terbaik di dunia, Josep Guardiola.

Terkait metode pelatihan yang diberikan dua nama besar tersebut, Pique menyebut ada perbedaan besar. "Mereka sangat berbeda," seru Pique dalam wawancaranya dengan FIFA.com dan dikutip dari Skysports.

"Ferguson adalah seorang manager dan dia sering tidak datang ke lapangan latihan. Dia berdiam di kantornya dan melakukan banyak tugas berbeda di klub. Saya pikir dia lebih seperti figur ayah, setidaknya begitu yang saya tahu saat saya bergabung di usia 17 tahun."

"Dia adalah seorang motivator hebat: cara dia berbicara sebelum pertandingan sungguh fantastis," bek internasional Spanyol itu melanjutkan.

Bagaimana dengan Guardiola? Sejak datang ke Camp Nou di tahun 2009, Pep punya hubungan sangat dekat dengan pemain. Pelatih berpaspor Spanyol itu disebutnya bisa seharian menghabiskan waktu bersama anggota skuad.

"Guardiola, menghabiskan sepanjang hari bersama para pemain dan kemudian duduk sampai 10 jam menyaksikan (rekaman) video hingga dia bisa menunjukkan kami rekaman lawan dan cara mengalahkannya," tuntas Pique.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar