ads

Senin, 09 Januari 2012

Bisa Bawa Argentina Jadi Juara Dunia, Messi?



FOTO:AFP/Daniel Garcia
Zurich - Menilik pencapaian Lionel Messi bersama Barcelona, pantaslah menyebut dia adalah pemain terbaik dunia saat ini. Tapi Messi butuh lebih dari sekadar prestasi di level klub untuk membuktikan dirinya adalah yang nomor satu.

Donasi 13 gelar serta 131 gol dalam tiga musim untuk Barca sudah cukup membuatnya meraih titel Pemain Terbaik Dunia dalam tiga tahun terakhir. Setelah pada 2009 dan 2010, Messi baru saja mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Xavi Hernandez untuk mempertahankan trofi Ballon d'Or.

Ini kian menahbiskan Messi sebagai pesepakbola terbaik jagad ini, dengan segala skill menawan dan terkadang di luar nalar manusia yang dimiliki oleh pesepakbola 24 tahun itu.

Tapi Messi rupanya masih manusia biasa juga dan itu ditunjukkannya kala berkostum Argentina. Bersama negaranya, prestasi terbaiknya hanya medali emas Olimpiade 2008 dan Piala Dunia U-20 tahun 2005.



Selebihnya? Cerita Messi bersama 'Tim Tango' lebih banyak dihiasi kegagalan dan ini membuatnya selalu dikritik. Perolehan golnya pun menurun drastis yakni 0,29 per laga (19 gol dari 66 caps) jika dibandingkan dengan saat di Barca yaitu 0,71 per laga (222 gol dari 326 penampilan)

Jika memang Messi ingin dianggap Pemain Terbaik Dunia seutuhnya, maka gelar Piala Dunia 2014 adalah jawabannya. Ia baru bisa dianggap sebagai 'New Maradona' jika berhasil memberi Abiceleste gelar juara dunia ketiga.

"Lihat Diego Maradona, semua orang mengingat apa yang ia lakukan di tahun 1986. Tidak ada orang yang begitu ingat apa yang ia lakukan bersama Napoli, bersama Barcelona," tutur eks bintang Prancis, Michel Platini, seperti dilansir Reuters.

"Orang-orang akan selalu memikirkan tentang Piala Dunia. Messi akan selalu hebat dengan atau tanpa gelar Piala Dunia, Johan Cruyff akan selalu hebat dengan atau tanpa Piala Dunia. Tapi Piala Dunia punya arti yang spesial," pungkas pria yang kini menjabat Presiden UEFA itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar