ads

Senin, 09 Januari 2012

Comeback King Henry Loloskan The Gunners



Thierry Henry melakukan selebrasi usai mencetak gol tunggal ke gawang Leeds United (foto: Getty Images)
Thierry Henry melakukan selebrasi
usai mencetak gol tunggal ke gawang Leeds United (foto: Getty Images)


LONDON Comeback-nya Thierry Henry membawa berkah tersendiri bagi kubu Arsenal. Pasalnya gol semata wayang Henry ke gawang Leeds United di menit ke 77, meloloskan The Gunners ke putaran keempat FA Cup.

Menjamu Leeds United di Emirates Stadium Selasa (10/1/2012), pelatih Arsenal, Arsene Wenger tidak memasang striker yang tengah on fire, Robin van Persie. Wenger juga menaruh Thierry Henry di bangku cadangan pada awal pertandingan.

Untuk itu Wenger bertumpu pada gelandang kreatif, Mikel Arteta yang juga diutus menjadi kapten tim. Arteta pula yang ditugaskan untuk membantu duet Alex Oxlade Chamberlain dan Marouane Chamakh di lini depan Arsenal.

Pertandingan di awal babak pertama berjalan cukup lamban. Meskipun begitu, The Gunners bermain mendominasi dengan silih berganti menciptakan peluang yang dikreasikan melalui serangan Andrei Arshavin, Aaron Ramsey, dan Chamakh.


Namun, sayangnya hingga pertengahan babak pertama belum ada satupun peluang dari Arteta cs yang benar-benar mengancam pertahanan Andrew Lonergen, kiper dari Leeds United.

Di sepuluh menit jelang pertandingan babak pertama berakhir, anak-anak muda Arsenal belum mampu menjebol gawang Leeds. Selain diakibatkan terlalu rapatnya pertahanan tim tamu, finishing touch juga menjadi kendalanya. Kendala ini sekaligus menjadikan skor berakhir imbang hingga peluit babak pertama dibunyikan.

Di babak kedua, Arsenal tetap mengandalkan Arshavin dan Nicolas Yennaris yang beroperasi di sisi kiri. Alhasil menit ke 54 Arsenal Sedikit mengancam di mana Yennaris berhasil memberikan umpan ke Chamakh dan diteruskan ke arah Arteta. Tapi dengan lugas Lonergen mampu menepis tendangan Arteta.

Beberapa saat kemudian, gentian Arshavin yang mendapatkan peluang, hasil dari kesalahan pemain belakang Leeds yang memberikan back pass ke Lonergen. Tapi sayang, tendangan Arshavin kali ini melebar.

Menit ke 63, kerjasama satu dua antara Chamakh dengan Chamberlain yang dituntaskan lewat tendangan keras Chamberlain juga masih mampu digagalkan oleh Lonergen. Skor masih tak berubah 0-0.

Pada menit ke 68 sosok yang ditunggu-tunggu publik Emirates akhirnya datang juga. Ya, Thierry Henry dengan memakai jersey no punggung 12 masuk menggantikan Chamakh. Tapi sayang pada sentuhan bola pertamanya dia terjebak offside.

Akhirnya kebuntuan terpecahkan ketika di menit 78 ketika sang legenda, ‘King Henry’ berhasil menyempurnakan comeback-nya dengan sebuah gol indah, memanfaatkan umpan terobosan dari Alex Song. Lewat spesialis tendangan melengkung nan mendatar Henry membawa keunggulan Arsenal menjadi 1-0 atas Leeds.

Ternyata gol ‘placing’ dari King Henry ini menjadi satu-satunya gol yang tercipta di pertandingan tersebut. Sekaligus meloloskan Arsenal ke putaran keempat melawan Aston Villa di FA Cup 2011/2012.

Susunan Pemain :
ARSENAL: W. Szczesny, S. Squillaci, L. Koscielny, Miquel, Mikel Arteta, A. Song, A. Arshavin, F. Coquelin (Yennaris 33’), A. Ramsey, A. Oxlade-Chamberlain (Walcott 68’), M. Chamakh (Henry 68’)

Leeds United: A. Lonergan, D. O'Dea, A. White, T. Lees, M. Vayrynen (Brown 60’), R. Nunez (Forsell 82’), D. Pugh, A. Townsend, A. Clayton, Z. Thompson, L. Becchio (McCormack 74)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar